Peluang dan Strategi Meraih Sukses

·

Peluang perdagangan elektronis (e-Commerce) di era tahun 2000 mendatang akan terus meningkat, baik dalam kategori business-to-business (B2B) maupun business-to-consumer (B2C). Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna komputer dan Internet di seluruh dunia. Matrix Information and Directory Services (MIDS), mengestimasikan bahwa pengguna Internet di seluruh dunia akan mencapai 707 juta orang pada tahun 2001 mendatang.

Hasil survei International Data Corporation (IDC) pada 1997 menyebutkan bahwa sekitar 70 juta dari total pengguna Internet di seluruh dunia berpartisipasi dalam e-Commerce. Tahun 2002, jumlah itu diperkirakan akan mencapai 300 juta orang. Nilai transaksinya, menurut Forrester Research (1999), akan mencapai US$390 miliar pada 2000, dan lebih dari US$1 triliun pada 2001. Bahkan, diperkirakan akan mencapai US$3 triliun pada 2003.

Hasil studi Universitas Texas, AS menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Internet di Amerika antara kwartal I 1998 hingga kwartal I 1999 naik sebesar 68% dan berhasil memompakan sekitar US$507 miliar ke dalam ekonomi Amerika. Sedang, peluang kerja yang diserap sebesar 2,3 juta orang, yakni : 656.551 orang di infrastruktur, 563.124 orang di aplikasi, 444.302 orang sebagai perantara, dan 900.882 orang dalam perdagangan Internet.

Internet, oleh banyak kalangan dinilai sangat penting perannya dalam mendorong lahirnya kewirausahaan baru (netrepreneur), meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan sekaligus penciptaan lapangan kerja. Setiap bulannya lebih dari 2.000 situs Web baru, yang aman untuk bertransaksi, diluncurkan. Hal itu menunjukkan berkembang-pesatnya bisnis Internet atau perusahaan-perusahan yang mengekspansi kehadiran online-nya.

Sebaliknya, berdasarkan data yang dikemukakan IDC, traksaksi e-Commerce di Indonesia akan meningkat dari US$20 juta antara 1996-1999 menjadi sekitar US$100 juta pada 2000. Nilainya akan terus meningkat hingga US$200 juta pada 2001, dan secara dramatis menjadi US$1,2 miliar pada 2003. Pada saat itu, sekitar 600 ribu pengguna Internet di Indonesia akan berpartisipasi di e-Commerce.

Guna mendorong dan meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan generasi muda Indonesia, dalam perkembangan Internet dan e-Commerce, Global Technology - yang memiliki perhatian besar pada kemajuan Internet dan e-Commerce - merancang penyelenggaraan Seri Seminar-Sehari sepanjang tahun 2000, dengan seri pertama mengambil tema:

E-COMMERCE 2000
PELUANG DAN STRATEGI MERAIH SUKSES


POKOK-POKOK PEMBAHASAN :

Keynote Speech :

E-Commerce : Tantangan perubahan dunia bisnis Era Global

Pembicara ahli/praktisi :

  • Peluang pasar e-Commerce dan bagaimana menyiasatinya
  • Langkah-langkah merancang strategi e-Commerce
Kasus Bisnis :
  • Strategi sukses & pengalaman menangani E-Commerce
  • Kesiapan infrastruktur & sistem hantaran yang tepat waktu
  • Jaminan Sistem Pembayaran on-line yang mudah dan aman
  • Cara mudah menangani e-Commerce
  • Alternatif produk dan teknologi pendukung e-Commerce
  • Aspek pembiayaan dalam pengembangan e-Commerce
Siapa yang harus hadir di seminar ini ?
  • Presiden Direktur/Direktur/CEO
  • Manajer/Direktur Pengembangan Bisnis
  • Manajer/Direktur Keuangan
  • Manajer/Direktur TI
  • Profesional TI
  • Wirausahawan/Calon Wirausahawan baru

Tujuan

Seri seminar-sehari e-Commerce 2000 bertujuan untuk :
  • Meningkatkan pemahaman dan sekaligus mendorong masyarakat, khususnya kalangan generasi muda Indonesia, dalam e-Commerce.
  • Mengembangkan wawasan dan pandangan mengenai peluang dan strategi e-Commerce yang tepat.
  • Mendengar secara langsung pengalaman nyata pelaku bisnis e-Commerce, baik yang baru maupun yang telah berpengalaman.
  • Memberi kesempatan kalangan yang terkait dengan Internet dan e-Commerce untuk mendorong percepatan berkembangnya e-Commerce di Indonesia, termasuk perhatian pemerintah.
Jumlah Peserta:
  • Peserta yang diharapkan hadir sekitar 100-200 orang
Pelaksanaan:

Hari : RabuTanggal : 12 April 2000
Waktu : 08.00 - 18.00 WIB
Tempat : Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat

Penyelenggara :

Global Technology (PT. Global Trimitra Mandiri) bekerjasama dengan Center for Internet and eCommerce Studies (CIE-COMS), serta sejumlah mitra bisnis.

AGENDA SEMINAR

08.00 Pendaftaran

08.45 Pembukaan: Global Technology

09.00 Keynote Speech

E-Commerce : Tantangan Perubahan Dunia Bisnis Era Global
Teddy Setiadi, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Depperindag RI 09.45

Pembicara I

Kasus Bisnis: Strategi Sukses dan Pengalaman Menangani eCommerce
Andrey Andoko, Direktur Eksekutif Kompas Cyber Media
Ilya Alexander, COO Onklik.com
Kurniawan Junaedhie, COO Indokado.com

11.15 Istirahat Pagi

11.30 Pembicara II

Peluang Pasar eCommerce dan Bagaimana Menyiasatinya
Rhenald Kasali, Dosen Komuniksi Pemasaran MM- UI

12.15 Pembicara III

Langkah-langkah Penting Merancang Strategi eCommerce
Uun Widhi Untoro, Chief Operation Officer, IFS Indonesia

13.00 Istirahat / Makan Siang

14.00 Pembicara IV

Kesiapan Infrastruktur dan Sistem Hantaran Tepat Waktu
Widodo Dwi Tjahyono, Direktur Perencanaan, Teknik & Sarana, PT Pos Indonesia (Persero)

14.45 Pembicara V

Sistem Pembayaran on-line yang mudah & aman untuk e-Commerce
Henrylin Harjati, Vice President Internet Banking Division, Bank BII

15.30 Pembicara VI

Cara mudah dan aman menangani e-Commerce
Wirawan Bastari, MM., Direktur Operasi CommerceNet

16.15 Istirahat Sore

16.30 Pembicara VII

Pilihan produk dan teknologi pendukung e-Commerce
Budi Wahyu Jati, Distribution Manager Intel Indonesia

17.15 Pembicara VIII

Aspek pembiayaan dalam pengembangan e-Commerce
Alexander Rusli, Senior Consultant PriceWaterhouseCoopers

18.00 Penutupan