Press Release Plasma dan LCD TV VIERA

·

Plasma dan LCD TV Layar Datar dengan 8,6 miliar warna-warna masif

PRESS RELEASE

Jakarta, 16 September 2005 – Hari ini, sebagai wujud dari komitmennya untuk menyediakan produk-produk yang berkualitas tinggi dan didukung teknologi terdepan, PT Panasonic Gobel Indonesia, meluncurkan serangkaian produk Plasma dan LCD TV VIERA. VIERA merupakan sub-merek baru yang diperkenalkan Panasonic, yang ditujukan untuk memunculkan suatu kategori baru yang strategis di antara produk-produk Panasonic sendiri dan sekaligus juga membedakannya dari produk-produk yang telah ada di pasar, baik kategori Plasma maupun LCD.

Dengan VIERA, yang juga berarti New VISUAL ERA, Panasonic ingin membawa customer-nya ke dalam dimensi baru dalam menonton. Pengalaman penonton dengan berbagai produk sebelumnya, kini dibawa ke pengalaman baru yang lebih menarik, yang jauh melebihi pengalaman konvensional.

Tak hanya tampil dengan desain yang sangat menawan dan fesyen, VIERA juga didukung beragam fitur dan teknologi terdepan, yang memungkinkan siapa saja dapat menonton dan menikmati gambar (still images), film atau video dengan kualitas yang sangat jernih dan tajam, serta warna-warna yang alami sebagaimana aslinya. VIERA tampil dengan desain dan teknologi yang memang dibutuhkan saat sekarang ini, karena VIERA menggabungkan antara performansi dan nilai, serta gaya hidup.

VIERA Picture
Panasonic tak membuat VIERA hanya mampu menampilkan gambar atau tayangan yang direproduksi dengan baik sebaik aslinya, yang mampu menyentuh sensibilitas obyektif para penontonnya, melainkan maju ke langkah berikutnya sehingga apa yang ditampilkan mampu menyentuh sensibilitas subyektif penontonnya. Dengan begitu, VIERA tak hanya mampu menampilkan gambar-gambar yang tajam dan jernih, dengan warna-warni yang kaya, tetapi lebih dari itu gambar-gambar yang sangat indah (beautiful). Panasonic menyebutnya ”emotional quality picture”.

Hal itu dimungkinkan karena teknologi yang diusungnya mampu menampilkan gradasi warna yang sangat halus (VIERA memiliki 2.048 tingkatan gradasi) atau setara dengan 8,6 miliar warna-warna massif, sehingga dapat memberikan pengalaman menonton yang sama sekali baru bagi siapa saja yang menontonnya.

Kalau peluncuran kali ini mengusung tema ”Beauty Beyond Imagination”, itu lebih untuk membuktikan bahwa Panasonic memang mampu menampilkan gambar-gambar yang melebihi imajinasi penontonnya, dan itu tak berlebihan. Karena, dengan gradasi warna yang sangat kaya itu, setiap detil warna yang dimunculkan akan mampu ditampilkan secara jernih, halus dan mewakili setiap titik di mana pun di layar sebagaimana tampilan aslinya.

Dengan begitu, gambar-gambar yang ditampilkan menjadi sangat ekspresif dan sesuai dengan mata manusia, yang sangat sensitif dengan berbagai tingkatan perubahan warna dan kecerahannya, terutama ketika melihat warna-warna gelap. Itulah mengapa VIERA tetap mampu menampilkan gambar-gambar yang jernih dan tajam, meskipun menontonnya dalam ruangan yang sangat gelap.

Selain desainnya sangat menawan dan, bahkan fesyen, VIERA juga melahirkan decak kagum saat memberikan pengalaman baru dalam menonton. Gambar-gambar atau tayangan-tayangan yang bersifat tiga dimensi (3D) dapat ditampilkan dengan baik, terutama karena didukung Colour Management System yang didasarkan pada 3D management dengan kemampuan membedakan warna dan kekontrasan yang sangat baik (tingkat kekontrasannya 4.000:1). Selain itu, gambar-gambar bergerak akan dapat ditampilkan secara tajam dengan kualitas gambar yang optimal, sehingga menonton film kartun 3D atau games akan terasa lebih menyenangkan.

Peluncuran Panasonic Plasma TV VIERA oleh Bapak Rinaldi Sjarif, Vice President PT. Panasonic Gobel Indonesia

VIERA Networking
Untuk memberikan nilai lebih yang diinginkan customer, VIERA juga menyediakan fleksibilitas koneksi, sehingga menyenangkan untuk digunakan bagi berbagai kebutuhan penggunanya, baik dalam menikmati hiburan (home theater entertainment), komunikasi maupun mendukung kreativitas. VIERA mendukung penggunaan dalam jaringan, atau terhubung dengan berbagai perangkat digital lainnya, seperti video player, laptop atau notebook, kamera digital dan kartu memori (SD Memory/PC Card).

Para pengguna akan dimungkinkan menampilkan gambar atau video hasil rekaman sendiri (dalam SD Memory/PC Card) langsung di VIERA yang berlayar lebar, tanpa perlu bantuan komputer atau laptop. Baik gambar, video maupun audio, juga dapat ditampilkan dengan kualitas yang sangat baik, jernih dan lebih menyenangkan.

Selain itu, VIERA juga membuka cakrawala customer dalam menonton dengan memungkinkan para mereka merekam program-program TV yang disukainya ke dalam SD Memory Card, dan kemudian membawa SD Card tersebut ke mana saja yang diinginkannya dan menonton program TV yang telah direkam tersebut, bisa di laptop atau perangkat display lainnya yang menyediakan slot SD Memory Card. MPEG4 video juga dapat direkam ke dalam SD Memory Card dengan menggunakan VIERA dan menontonnya di D-snap SD Video Camera. Sebaliknya, MPEG4 video yang direkam di D-snap dapat ditonton di VIERA.

Dengan didukung PC input (sinyal RGB), maka VIERA dapat dihubungkan dengan PC atau laptop, sehingga memungkinkan Anda dapat menggunakan layar lebar VIERA menjadi monitor PC/laptop Anda dan membuat Anda dapat surfing Internet dengan nyaman di layar lebar VIERA.

Selain itu VIERA juga telah dilengkapi dengan HDMI terminal, standar interface digital generasi berikutnya yang memungkinkan mentransfer sinyal video atau audio digital hanya dengan menggunakan kabel tunggal. Dengan begitu, VIERA dapat dihubungkan dengan sebuah DVD player atau perangkat lainnya dengan mudah dan menampilkan gambar atau video yang berkualitas tinggi.

VIERA Design
Guna memberikan keleluasaan dan pilihan yang beragam, tahun 2005 ini, VIERA tampil dalam beberapa jenis produk, baik yang didukung teknologi Plasma maupun LCD, yang didesain untuk tampil gaya, fesyen dan cukup tipis. Dengan begitu, VIERA dapat tampil gaya di ruang tamu, ruang keluarga atau di kamar tidur Anda, namun mampu memberikan pengalaman baru yang sangat menarik bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, desain VIERA tak hanya sangat menarik dan gaya, melainkan juga praktis. Rak-rak yang tersedia di bagian bawah dapat digunakan, misalnya untuk menempatkan DVD recorder Anda atau berbagai perangkat lainnya.

VIERA Sound
VIERA dilengkapi dengan empat buah speaker ultra slim di kanan dan kiri, sedang dua buah woofer diletakkan di bagian bawah, yang membentuknya menjadi suatu smart sound speaker system. Tata susunan speaker seperti itu memungkinkan diperolehnya kualitas suara yang jernih (acoustic clarity), begitu juga suara bass (bass sounds) yang juga jernih. Speaker di kanan dan kiri memberikan suara surround yang baik, sehingga dialog dapat terdengar dengan jernih dari tengah-tengah layar.

VIERA Usability
VIERA dilengkapi dengan Universal Design Remote Control yang bukan saja lebih kontras, melainkan juga lebih besar, sehingga lebih mudah digunakan. Tombol kendali volume suara dan pemindahan channel diletakkan di tengah, sehingga lebih memudahkan. Sedang tombol yang jarang digunakan diletakkan di bawah tutup (cover). Design remote lebih ergonomis, sehingga pas dan nyaman di tangan.

Selain itu, perancangan VIERA lebih bersifat ramah lingkungan (environmental friendly design), dan terhindar dari penggunaan bahan-bahan yang mengandung racun (non-toxid materials) sesuai dengan campaign ecolife yang kini sedang dilaksanakan.

Model Number
Produk-produk yang diluncurkankan, yakni High Definition Plasma TV seri 500, seperti TH-50PV500 (50 inci atau 127 cm), TH-42PV500 (42 inci atau 106 cm). Begitu juga, seri standard definition, Wide Plasma TV, yakni TH-42PA50 (42 inci atau 126 cm) dan TH-37PA50 (37 inci atau 94 cm), tentu dengan keunggulan teknologi dan fitur masing-masing. Sedang, untuk kategori LCD, Panasonic meluncurkan beberapa produk seri 500 dari kategori High Definition LCD TV, seperti TX-32LX500 dan TX-26LX500. Sedang yang standard definition, yaitu model TX-20LA5M

MARKET TREND
PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), merupakan salah satu pioneer dalam produksi Plasma TV, yang hingga saat ini berhasil menjadi pemimpin pasar secara global. Setelah peluncuran VIERA dengan cara ”Rocket Launch”, berhasil dicapai share di masing-masing region, antara lain Amerika Serikat sebesar 31,5%, Jepang 33,8%, Eropa 30,4% dan ASIA/ME/CHINA/CIS sebesar 28,3%. Hasil ini secara global 156% vs LY dan khusus di Asia Oceania 306% vs LY, sehingga menjadikan Panasonic saat ini menjadi No. 1 secara global.

Adapun target tahun ini, market share bisa mencapai 40% untuk Plasma TV dan 20% untuk LCD TV. Untuk Plasma TV Panasonic tetap menjaga sebagai pemimpin pasar No. 1 secara global, dengan pencapaian ”double sales” di semua region.

Dengan pertumbuhan pasar untuk Plasma TV 700% vs LY dan LCD TV 450% vs LY, dimana Plasma TV Panasonic adalah No. 1 dengan 40% market share berdasarkan data GFK, dan PT PGI tetap pada target sebagai No. 1 di Indonesia tahun 2005.

Melihat tren pasar untuk Plasma TV dan LCD TV, Panasonic tetap fokus pada Plasma TV, karena secara demand, ternnya lebih meningkat pada Plasma TV.

Keterangan lebih lanjut hubungi:

Marketing Communication
PT. Panasonic Gobel Indonesia
Jl. Dewi Sartika (Cawang II), Jakarta 13630
Phone: (+62-21) 8090108, 8015710, Ext 323
Fax : (+62-21) 80883504

Press Release and Press Conference is organized by Global Technology